1. 8. Reza Purwakajaya: Fungsi demonstrasi

Jumat, 30 Maret 2012

Fungsi demonstrasi

yak! kembali gw "Terpaksa" menuliskan sesuatu yang juga mengganggu pikiran dan selalu terngiang2 di telinga gw ketika mau tidur *Ok gw sadar itu sedikit berlebihan* hehe... back to topic!

Yang pengen gw tanyain. "APA SIH FUNGSI DEMONSTRASI?" atau "APA FUNGSI UNJUK RASA?" yayayay! pertanyaan ini seringkali melintas di hati ketika gw ngeliat orang2 pada sibuk buat demo ini dan demo itu.


well, gw memang bukan Mahasiswi yang aktif di organisasi, mungkin karena itu gw g terlalu mikirin tentang demo atau apalah itu namanya! gw emang terlalu "cuek" sama yang namanya demo atau unjuk rasa itu. ini hanya menurut gw, tuh kegiatan buang-buang waktu saja dan melelahkan pikiran dan raga! ujung2nya malah dapet masalah yang jauh lebih gede, misalnya: ditangket sama polisi, dikejer2 sama aparat keamanan dan sebagainya dan sebagainya...

mereka bilang demo itu untuk memberitahukan aspirasi kita kepada masyarakat umum dan orang2 tertentu. misalnya saja demo tentang kemanusian, atau unjuk rasa tentang misi kemanusian, karena gw baru baca tentang artikel yang terkait masalah kemanusian di Palestine *ujung2nya Palestine lagi* banyak orang yang berbondong2 mengeluarkan pendapat mereka tentang Israel, rata2 yang ikutan unjuk rasa itu selalu menghujat Israel dan membela Palestine, mereka mengutuk Israel dengan segala sumpah serapah, dan meminta "Pemerintah" dunia untuk memberikan tindakan yang "tegas" kepada si "tersangka tunggal" tapi yang terjadi sampai sekarang,si pemimpin dunia tidak melakukan tindakan apapun, semuanya hanya diam dan bungkam! sedangkan si "orang2" yang melakukan unjuk rasa tadi sudah mengeluarkan semua kekuatan mereka agar si "pembela Hukum" dapat menegakkan keadilan, tapi kenyataannya apa yang mereka lakukan hampir 70% tidak ada hasil alias tidak ada perubahan. jadi guna kita berdemo itu apa jika tidak ada hasil yang memuaskan?

contoh lain adalah ketika para mahasiswa sibuk dengan "kegiatan" politik negri dengan berdemo entah itu "turunkan ini" atau "naikan itu" ujung2ny mereka pada ditangkep sama aparat keamanan dan kuliah menjadi terbengkalai.

OK jadi sekali lagi gw tanya, kenapa sih orang2 pada suka berdemo kalau hasilnya g ada? kenapa juga mahasiswa sibuk berdemo ngurusin ini itu sementara kuliahnya berantakan. gw bukannya mau bilang kalo demo itu g baek, tapi cuma mencoba untuk memahami, kenapa mesti melakukan unjuk rasa dengan membawa kertas besar dengan spanduk atau bahkan sampai melakukan kerusakan jika kita masih bisa "duduk satu Meja" untuk melakukan diskusi sehingga hasil yang didapatkan bisa menjadi lebih maksimal. yang merasa di Demo juga terkadang malah bersikap cuek dan terkesan "Bodo amat" dengan para pendemo.

jadi sekali lagi dan berkali2 lagi gw tanya, tujuan demo itu apa ya? karena sebagian besar orang yang berdemo itu tidak pernah mendapatkan hasil yang mereka inginkan?!
sumber : http://ciuci.multiply.com/journal/item/131/Fungsi_Demonstrasi_Itu_Apa_Ya?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar